2013/09/19

JALANGKOTE MAKASSAR

Jalangkote Makassar

Orang Makassar mana yang tidak mengenal jajanan ini? Gorengan gurih bernama jalang kote', jajanan khas kota Makassar. Hampir mirip pastel atau panada dari Menado. Bedanya jalang kote' ini rasanya lebih garing di gigitan.

Dari Belanda yang sedang musim semua bunga-bunga bersemi dan bermekaran, saya ingin membagi resep ini dengan anda. Sebelumnya, dari kebun belakang rumah, saya memetik beberapa tangkai bunga “pioen rose” Holland yang saya pajang sebagai penghias resep jalang kote' dari Makassar ini.Jalang kote' sering dijajakan penjaja keliling. Penjaja-nya biasanya anak-anak yang berjalan dari rumah ke rumah. Mereka menjajakan jalang kote' di keranjang anyaman bambu sambil berteriak “jalaaaaaang koteeeeeee.....!!!”.

Daeng si tukang becak yang sedang jahil atau pun orang iseng yang tidak ingin membeli biasanya menjawab, "Tena doe' !!!" (tidak ada uang).

Penganan kecil ini sangat populer dan digemari banyak orang. Penjualnya memasuki halaman rumah petak sederhana sampai ke rumah-rumah gedongan seperti jejeran rumah mentereng dekat Pantai Losari di jalan Haji Bau, tempat kediaman mantan Wapres Jusuf Kalla.

Saya sendiri sangat menyukai jajanan ini. Rasanya sangat gurih, garing, sungguh nikmat disantap hangat. Namun disantap dingin pun tetap enak.

Kombinasi antara rasa kulit yang renyah, sedikit crispy betul-betul maknyus meresap dengan kelezatan isinya yaitu macam-macam sayuran, kentang, daging, telor rebus, mie/mihun. Sangat cocok disantap dengan saus cuka pedes. Rasa pedes ini membuat si penikmat ingin tambah dan tambah lagi.Sebelum menyiapkan bahan, saya membuat saus pedes-nya dulu. Maksudnya biar campuran larutan cuka, air, cabe dan bawang putih bisa meresap dengan baik.

    Cara membuat saus cuka pedes:

Rebus dengan sedikit air, bahan berikut ini: cabe 10 biji, bawang putih 2 atau 3 siung.Lalu haluskan cabe dan bawang putih itu. Air rebusan hangat tadi jangan dibuang, campurkan kembali ke cabe dan bawang putih yang sudah halus. Airnya jangan terlalu banyak, bisa dikira-kira sendiri. Terlalu banyak akan membuat saus kurang pedes. Dan terlalu sedikit, bisa jadi terlalu pedes juga.

        Jangan lupa bubuhi cuka sedikiiiit demi sedikit, sampai diperoleh rasa asam yang diinginkan. Bubuhi juga garam dan gula secukupnya. Ada juga yang suka mencampurkan dengan sedikit susu.

Sesudah membuat saus pedes, langkah selanjutnya adalah membuat isi jalang kote'.